Kamis, 28 April 2011

Sarikaya

kalo di daerah asalku Sumatera Barat, namanya Sarikayo Talua. karena dibuat dari campuran gula merah , santan dan telor.
biasanya dimakan pake ketan / nasi lamak.

kemaren sih aku bikin ketan juga, tapi.. dasar akunya yang pengen praktis, jadilah aku masak si beras ketan langsung dengan santan, hasilnya.. benyek karena kebanyakan air. untuk resep ketan, nanti aku posting saat bikin lagi.

malu ah.. buat nampilin foto ketannya :(

sarikayo ini, tidak bisa dipotong. jadi...makannya disendokin.

Bahan:
500 ml santan kental, gunakan air matang
200 gr gula merah dicairkan dg 50 ml santan encer + 6 sdt gula pasir + ¼ sdt garam
5 butir telor
1 sdt vanilla
2 lembar daun pandan


Cara membuat:

1.kocok telur + vanilla sampai mengembang (bukan berjejak)

2.masukkan santan kental + larutan gula aren, kocok sampai rata


3.tuang dalam Loyang yg sudah diberi daun pandan, rebus 30 menit sampai srikaya tidak basah bila ditusuk dg tusuk gigi.

sajikan dengan ketan

2 komentar:

  1. saya menantu keluarga Payakumbuh, sayanya sih orang jawa asli. Suami sangat ingin saya bisa membuat kudapan khas nya, ya si SARIKAYA + KETAN ini. Terima kasih ni, dapat resep ini, krn mirip dengan yang biasa keluarga suami saya buat.

    BalasHapus
  2. salam kenal umi purwanti,
    Alhamdulillah...
    senengnya..baca komentarnya..
    semoga bermanfaat ya bu.. bisa memenuhi keinginan suami :)

    BalasHapus